Profil Singkat 

SMPIT AL - HIKMAH

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Hikmah di bawah naungan Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya adalah Sekolah Islam yang memadukan keimanan dan ketakwaan dengan penguasaan ilmu dan teknologi secara seimbang, dengan  suasana belajar yang dapat mengembangkan kreativitas, kemandirian serta kemampuan akademik siswa agar dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan berwawasan luas.

 

SMPIT Al Hikmah didirikan pada tahun 2007. Pada awal berdirinya, SMPIT Al-Hikmah memiliki 21 siswa yang berada dalam 1 kelas, yaitu kelas VII. Selain itu juga memiliki 10 orang tenaga Pendidik dan 3 orang tenaga kependidikan.

 

Seiring perkembangan, saat ini SMPIT Al Hikmah telah memiliki 61 siswa yang terbagi dalam 4 kelas (masing-masing satu rombongan belajar per kelasnya), 9 tenaga Pendidik dan 5 tenaga Kependidikan, serta telah meluluskan angkatan 3 pada akhir tahun Pelajaran  2011/2012

 

Pada tahun 2011 SMPIT telah melakukan penilaian akreditasi dan telah ditetapkan bahwa SMPIT Al Hikmah menempati Peringkat Akreditasi ”B”, kemudian pada tahun 2016 SMPIT Al Hikmah memperoleh nilai akreditasi menjadi “ A “.

 

Adapun visi dan Misi Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMPIT) Al - Hikmah adalah "Terwujudnya Peserta Didik Yang Bertaqwa, Mandiri dan Berwawasan IPTEK" dengan indikator visi sebagai berikut :

  1. Beraqidah Bersih
  2. Beribadah Benar
  3. Berakhlak Muliah
  4. Berbadan Sehat dan Kuat
  5. Berpengetahuan Luas
  6. Mandiri
  7. Cinta Al - Qur'an

 

Misi Sekolah

Dalam rangka mewujudkan visi di atas, misi yang akan diemban oleh SMPIT Al - Hikmah adalah sebagai berikut :

  1. Mengupayakan keteladanan pada semua civitas sekolah
  2. Mengupayakan kurikulum yang jelas, benar, islami, dan aplikatif
  3. Mengupayakan tersedianya personil yang mempunyai kompetensi pribadi, profesional, pedagogik, dan sosial
  4. Mengupayakan terselenggaranya KBM yang terpadu, tepat dan menyenangkan
  5. Mengupayakan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai
  6. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar dalam membantu proses belajar mengajar
  7. Meningkatkan pelayanan kepada semua pihak